Ban bocor? siapa takut

Hari Jumat kemarin hari ter apa ya?

Jadi awal ceritanya aku keinget kalau si Brio udah waktunya di service rutin, aku mbatin "wah budget bisa membengkak, harus nyari extra money nih". Akhirnya aku mengaktifkan aplikasi grab driver, setelah 3 bulan ngga di pakai, lagian long weekend ini aku ngga punya rencana kemana-mana jadi mending dibuat nyari uang aja hehee. Selang beberapa menit nunggu, dapetlah penumpang pertamaku. Dia minta di anterin dari Darmawangsa ke daerah raya Darmo. Setelah nurunin si penumpang, aku mutusin untuk balik ke kosan untuk nyari sarapan. Nah, waktu mau parkir mobil depan kosan, kayanya aku terlalu banting setir ke kiri, nabrak trotoar dan...

Dhiiyyyyyaaarrrrrrrr.............!!!!

Jantung rasanya mau lepas! antara kaget dengan suara yang muncul, malu sama tetangga, campur pasrah kalo-kalo bodinya penyok parah. Lemes nih badan, bahkan beberapa menit masih ngga mau nerima kenyataan kalo abis nabrak. Sambil merem ngedumel "duh gustiii baru dapet 30 rebu, masa udah penyokk nih bodi" "masa gara-gara tadi aku ngga bilang terima kasih ke penumpangku" "ah yaudahlah, masih ada asuransi juga, sekalian benerin yang beret-beret depan". Akhirnya aku keluar buat meriksa seberapa parah penyoknya. Sempat bingung "lhaa kok masih mulus, ngga ada sempal apa-apa bempernya", ternyata suara keras tadi bukan berasal dari benturan bodi, melainkan dari suara ban-nya yang robek kena ujung trotoar. Apes!


Ngga mau berlarut-larut dalam kesedihan yang mendalam (halah), aku pikir aku bisa ambil hikmahnya aja "yaudah lah, ini saatnya belajar ganti ban sendiri, untung bocornya depan kosan, bayangin kalo ditengah alas purwo 👾". Saya pengen bikin pengakuan, jadi bahkan setahun punya mobil tapi sampe sekarang ngga pernah dan ngga bisa ganti ban sendiri. hihihi....

Dengan semangat 45, iya kejadiannya tanggal 17 Agustus, mulailah aku googling dan youtube-ing cara ganti ban bocor sendiri. Batinku "ah ini mah gampang, cuman gini-gitu doang, mobil di dongkrak, longgarin baut-nya, ganti dengan ban serep, selesai".

Setelah setengah jam kemudian.......

Ternyata emang ngga gampang! boro-boro mau ganti ban sendiri, lah cara ambil dongkraknya aja aku ngga tau. Semua perkakas bawaan seperti obeng, tang, semua udah aku keluarin dan pelajarin. Obeng udah diputer-puter tapi si dongkrak tetep ngga mau gerak. Singkat cerita, aku nemu di buku manual kalo Honda punya layanan after sales ciamik bernama Honda Experience, yaitu program layanan bantuan darurat 24 Jam yang diberikan secara eksklusif kepada customernya selama selama 3 tahun sejak tanggal pembelian. Gratis! 
Ngga mau buang waktu, aku langsung menghubungi hotline Honda Customer Care di nomor 0800-1122-789. Disitu kita diminta data berupa:
  • Nomor KTP,
  • Nomor rangka mobil (ada di STNK)
  • Plat Mobil
  • Alamat Lengkap, dan
  • Nomor telefon yang didaftarkan untuk melakukan panggilan darurat.
Sejam kemudian petugasnya dateng, tanpa basa-basi dalam hitungan 10 menit, ban mobilku yang robek sudah diganti dengan ban serep. 





Setelah tahu ada layanan ini, aku jadi cukup lega. Mau banjir kek, mau mogok kek, pecah ban kek, apalagi buat kita yang sering bepergian ke luar kota atau menempuh perjalanan jauh semacam mudik. Sekarang no worry lagi kalau nyetir sendirian dan mobil kenapa-napa; Meskipun siapa juga yang pingin mobilnya kenapa-napa; tapi tetep aja dengan pegang call center Honda Experience, hati jadi nyaman karena tahu everything gonna be just fine.

Jadi pada intinya, aku tetep ngga bisa ganti ban bocor sendiri 😂😂

 


Comments